Posted in Trip - Backpacker

Setelah kemarin gw ribut nulis persiapan buat ngetrip, nah di postingan kali ini gw bakal certain perjalanan gw selama 10 hari keliling Vietnam – Kamboja – Thailand. Biasanya tuh gw nulis per hari gitu ya, tapi karena 10 hari gini, kayaknya postingan bakal gw bagi per negara ya… ga kuat sayah nulis Panjang hahaha… oh ya, gw bakal langsung posting pengeluaran harian dan itinerary harian di setiap sub bab yaaaaa… biar ga bingung.. happy reading!

All my bag are packed i’m ready to go

Day 1 – Ho Chi Minh

Perjalanan pertama gw di mulai dari Vietnam, tepatnya Ho Chi Minh. Kenapa gw milih Ho Chi Minh dan bukan Hanoi? Simple, tiket pesawat Ho Chi Minh lebih murah daripada ke Hanoi haha dan kalau mau ke Kamboja lebih deket dari Ho Chi Minh.

Gw sempat kepikiran mau ke Hanoi dulu baru ke Ho Chi Minh, tapi asliiiii jaraknya jauh banget dari ujung ke ujung, makan waktu! Dan malah ga akan bisa ke Kamboja atau Thailand. Jadi ya, kali ini gw eksplore ujung bawah dulu deh! Semoga next time bisa ke Hanoi amiin.

Sarapan dulu di Soetta sebelum berangkat, bismillah

Tiket pesawat yang Direct ke Ho Chi Minh dari Jakarta tuh mahal, jadi sebagai kaum backpacker seperti gw, gw milih buat transit sebentar deh. Karena lumayan deh harganya, walau ya, jadi wasting time sedikit sih, makanya kemarin tuh gw nyari yang transitnya paling sebentar, dapet lah naik Lion Air – Malindo Air iyaa lion, alhamdulillah gw selamat transitnya pun 2-3 jam gitu (karena sempat pesawat delay sejam) tapi ga berasa sih, karena buat pindah terminal, foto-foto di KLIA plus makan aja udah habis waktu hahaha..

Baru pertama gw transit di KLIA 1 jadi puas-puasin foto *norak emang

Oh ya, kan gw transit di KLIA 1 gitu ya, gw ga nuker Ringgit, karena emang udah feeling Cuma buat makan aja, plus gw mau coba pake JENIUS dan yak!

WhatsApp Image 2020-03-16 at 20.01.23
maap burem, hahaha

Gw kemarin makan di Old Town White Coffee KLIA, pesennya langsung di vending machine dan tinggal TAP  saja saudaraaaa… keprok keprok buat JENIUS! Membantu sangat…

gw cukup makan Toast sama es kopi (sumpah gaya)

Oh ya pas berangkat gw tuh ga pesan bagasi jadi ya diirit sebisa mungkin deh bawaannya, karena gw emang sengaja mau nyuci selama disana hehe… alhamdulillah aman ya! Kalau transit di KLIA, tolong perhatikan waktunya ya, karena jarak antar gate 1 dan lainnya lumayan jauh, please perhatikan baik-baik petunjuk arahnya, karena bahkan ada gate yang harus naik skytrain dulu.

This slideshow requires JavaScript.

Dari Jakarta gw flight jam 9 pagi dan nyampai Ho Chi Minh jam 4.30 sorean, waktu disini beda sejam ya, kemarin tu peak season kan emang, jadi asliiii deh antri banget imigrasinya.. mana gw kena mulu kalau di imigrasi! Biasanya karena muka gw beda dari foto paspor, eh sekarang gw dituduh petugas imigrasi ngambil foto dia, ampuuunn padahal gw Cuma lagi buka hape ngecekin penginapan zzzz..

suasana airport yang ramaiii… plus Resti dan Tia yang on frame

Setelah beres dari imigrasi kami langsung ngurus Sim Card yang sebelumnya kita beli di Klook. Prosesnya gampang banget, tinggal bawa print out atau booking code pembelian kita dan menuju counter yang sudah ditentukan (kalian bisa liat petunjuknya dari booking code), oh ya jangan lupa tunjukan passport kita juga. Setelah itu kita akan langsung dikasih sim card nya, bisa minta pasangin juga sebenernya, tapi entah kenapa mbak-mbaknya kemari nagak jutek jadi kita self service pasang sendiri.

Waktu menunjukan jam 5 sore, kita udah capek banget, jadi langsung deh mesen GRAB CAR. FYI ya, Aplikasi Grab itu sudah terintegrasi ke semua negara jadi bisa langsung order dan menu nya sudah disesuaikan dengan negara masing-masing. Di Vietnam juga ada Gojek dengan nama Go Viet, tapi aplikasinya beda gitu, jadi harus download lagi.

Tips : kalau kalian ramean, Better naik Grab Car ya selama di Vietnam, selain jauh lebih murah dari naik transportasi umum, lebih praktis dan Menghindari penipuan. Karena memang disana agak rawan, bahkan penduduk asli Vietnam nya pun menyarankan demikian.

Ga lama, Grab nya pun tiba, kita langsung naik, Bapaknya ga bisa Bahasa inggris, jadi ya udah pake Bahasa tubuh huhu.

mobil di Vietnam setir kiri ya gaes

Komentar gw ya, pas sampai ke Ho Chi Minh, alamak jang! Jakarta banget! Dengan versi jauh lebih macet hahahaha. Asli! Kalau lo pikir Jakarta udah edan? Tenang… masih ada Ho Chi Minh yang lebih edan.. Rambu lalu lintas ga terlalu berguna disini, traffic! Banyak banget motor,, asli SUPER BANYAK motor! Dan pengendaranya pun bahkan belum pake helm full face.

Di Vietnam, jarang ada yang bisa Bahasa inggris, jadi ya……………………….. bersabar ya gaes! Disana juga jarang banget orang INDONESIA hahahahaa minimal Cuma orang Malaysia.. jadi ya kalau mau sumpah serapah pake Bahasa Indonesia ga ada yang tahu wkwkwkw..

ampe burem karena motoin jalan penuh motor wkwkwk

Karena jalanan yang macet, jadi nyampe ke penginapan tu butuh waktu 1 jam,, ya ALLAH. Udah mana drama banget. Gw kan booking di Airbnb, apartemen gitu yakan (oh ya awalnya gw ga tau kalau pemiliknya juga tetap tinggal disana, gw pikir apartemen kosong isinya bakal kami doank) terus gw chat an lah sama ownernya, dia bilang kartu pass buat naik lift nya dititip di satpam, tapi satpam nya GA BISA BAHASA INGGRIS donk! Asli gw mau nangis T____T ya udah akhirnya kita nunggu sampai ownernya aka Mba Mai pulang kantor.

Eh ada kejutan lain, kita pikir dia mau ngasih kunci doank yekan, eh ternyata nggak donk, doi ikut masuk ke dalam kamar, dan… pas kita kenalan… ADA LAKI nya!!! HAHAHAHAHAHA gw shock, ternyata mereka Pasutri gitu dan emang karena kamar apartemennya lebih, jadi di sewain deh hahahaa ya ALLAH mana suaminya ganteng eh gimana. Tapi tenang gaes, kayaknya mereka tau kami ga nyaman jadinya selama kami stay disana Cuma ada Mba Mai saja, lakinya ga tau di inepin dimana wkwkwk. Mba Mai ini fasih bener Bahasa inggris nya mana baik banget,, rupanya doi pernah kuliah di luar negeri, pantas saja.

This slideshow requires JavaScript.

Apartemennya pun asik, segala macam ada, kulkas, microwave, ac, Tv buat Netflix bahkan , lo mau pake segala macam sabun disana jg bisa hahaha.. kita bahkan nyuci tiap malam gaes berasa di rumah sendiri, sebelah apartemen pun ada mall, Cuma kalau mau ke benh than harus naik grab car sih soale kehalang sungai gede jadi muter, padahal deket sebenernya.

Setelah naro tas, kami pun kelaparan, alhasil cari makan, karena udah malam mau jam 8 kayaknya, bingung kan tuh mau makan dimana, tiba-tiba itinerary yang sudah disusun hilang dari pikiran. Alhasil berkat kerandoman, kita browsing aja “moslem restaurant” terdekat dan pesen Grabcar, hamdalah nemu di gang belakang masjid hahahaha Namanya Restaurant “Adam Roziah” di TK25/40 Tran Hung Dao, P Cau Kho, yang punya warga Malaysia gitu, tapi kita kena prank di awal, yang pertama ngelayanin kan pria muda gitu, dia GA BISA BAHASA INGGRIS juga! Disini gw mulai senewen, mana menu nya pake tulisan sansekerta pula.. dengan cerdasnya kita pake google translate deh, eh udah kek orang oon, tau-tau ada ibu-ibu keluar ngomong pake Bahasa melayu!!! KESEL WOI! Tapi sekaligus happy, akhirnya ga perlu ngomong Bahasa inggris hahaha..

Dengan asas backpackeran kita pun sharing makanan, dan tetap sesuai cita-cita gw ke vietnam buat minum kopi Vietnam asli Vietnam, gw pun langsung mesan kopi. Biar malam malam juga..

Duh, makanannya enak! Padahal sederhana banget,, tapi emang enak huhu,, hamdalah…

puyeng ga lo liat jalanannya…

Setelah kenyang, dan cape diajak ngobrol ama bapak melayu. Kami pun pamit, dan pengin ke mini market, tapi asli disana jarang ada mini market kecuali kalau ke tempat yang banyak turis ya.. ya udah berbekal maps, kami pun cari Family Mart  terdekat. Sembari berjalan kaki, malah nemu pasar malam wkwkwk, terus si Tia langsung belanja sendal yang ternyata kita di tipu karena harganya kemahalan wkwkwk!

Tips ya : Kalau nawar setengah harga dulu soale mereka suka lebeh ngasih harga mahal di awal!

Betapa bahagianya kan nemu Family Mart, mana banyak Banana Milk, gw bungkus aja deh buat sarapan! Setelah puas, jajan di Family Mart, kami pun balik ke apartement, dan siap untuk menempuh perjalanan esok hari! Yeay!

Sebelum masuk ke hari kedua, gw cuma mau bilang, trip ke Vietnam tuh kita berasa Tajir gaes, secara nilai IDR lebih kuat dari Vietnam Dong, harga-harga murah pula yekan…

itinerary hari 1
Itinerary Hari Ke-1
pengeluaran day 1
Pengeluaran Hari Ke-1

Day 2 – City Tour + Chu Chi Tunnels

Perjalanan hari kedua dimulai! Untuk menghemat waktu, kita hanya sarapan seadanya, (baca : minum Banana Milk) dikarenakan Resti masih harus kerja dulu memang luar biasa jadi kami baru jalan sekitar jam 9 pagi (oh ya, Onye baru tiba sore ini, jadi kita di hari pertama kami Cuma bertiga).

Tujuan pertama adalah War Remnants Museum. Tbh gw bukan pengikut sejarah Vietnam, jadi masih agak buta sama perang Vietnam dulu. Tapi melalui museum ini gw jadi paham tentang sejarah perang nan menakutkan Vietnam.

War Remnants Museum ini tergolong sadis sih buat gw, kita bakal diajak menelusuri jejak digital perang Vietnam dari awal sampai akhir, begitu banyak foto-foto menakutkan bahkan barang-barang peninggalan perang disini, yang sumpah nakutin sekaligus bikin sedihnya minta ampun.

IMG20191221091735IMG20191221093009

Karena perang ini, dimana banyak senjata nuklir yang dijatuhkan ke Vietnam, banyak banget korban yang menderita cacat, dan cacatnya sampai keturunan selanjutnya donk, kalau ga salah tiga turunan apa ya? Jadi jangan heran kalau sampai detik ini bakal banyak liat warga Vietnam yang kurang sempurna. Huhuhu

Setelah puas mengenang masa kejam di War Remnant Museum, kami pun berjalan ke tujuan selanjutnya , yaitu Reunification Palace atau dikenal juga Independence Palace yang merupakan istana megah peninggalan zaman dahulu, tapi sekarang udah ga di pake sih, jadi buat wisata aja, Cuma kami ga masuk, karena mager boong deng , agak mahal tiketnya hahaha jadi Cuma foto di depannya aja.

Oh ya di area sini tuh adem banget, dan enak buat jalan kaki, makanya kita sempat-sempatnya jajan es kelapa di lampu merah mana sambal pemotretan pula haha.

Selanjutnya, melewati taman kota, kami menuju ke Saigon Notre Dame Cathedral yang ternyata lagi di renov uhmmmmm…..

ya sudah langsung aja deh ke sebelahnya yaitu Kantor Pos Ho Chi Minh yang merupakan salah satu kantor pos tertua dan terbesar di Vietnam. Banyak banget orang foto disini, jadi ramaaiiiiii, padahal panas pula.

Di sekitar kantor pos ini ada banyak tempat makan, salah satunya Mc Donald, karena kami lapar banget, jadi mampir deh, dan tetep gw jajannya es kopi Vietnam huhuhu sumpah gw puas-puas in banget minum kopi disini wkwkkw .

Tujuan hari ini selain City Tour, kami juga mau ke Chu Chi Tunnels, yang tentunya menggunakan Half Day Tour dari Klook!. Jam 12.30 kami diminta kumpul di lokasi penjemputan yang ada di sekitar Bui Ven Street, tapi karena masih lapar parah, dan emang jam makan siang, kami sempat-sempatin deh buat makan siang.

Bui Ven Street

ya karena Ade dengan segala idealismenya kudu makan di tempat halal pas di Vietnam, jadi ribet deh hahaha, alhasil kita mampir aja ke Restaurant India Moslem terdekat yaitu Taj Mahal Restaurant, alhamdulillah enak jugaaaaaaaaaa… pake bungkus segala roti prata yang akhirnya ga dimakan.. dasar maruk!

Waktu menunjukan pukul 12.30 kami pun kumpul di markas Klook! Dan disana ternyata sudah banyak turis lain yang juga siap ke Chu Chi Tunnels.

Kami pun naik Bus gitu didampingi tour guide mba yang fasih Bahasa inggris. Bus nya enak adem dan nyaman, perjalanan ke Chu Chi Tunnels kayaknya sekitar 1.30-2 jam gitu, sepanjang perjalanan Mbanya cerita gitu tentang Vietnam, nge brief kita di chu chi tunnels kayak apa.

Tapi sebelum sampai Chu Chi Tunnels rupanya kami diajak mampir mengunjungi pengrajin yang isinya orang-orang cacat korban perang huhuhuhu.. ternyata tempat ini dikelola pemerintah vietnam loh.

Perjalanan dilanjutkan ke Chu Chi Tunnels, buat yang belum tau, sesuai Namanya Chu Chi Tunnels ini adalah lokasi-lokasi sisa perang dulu, tempat warga Vietnam berjuang melawan penjajah. Disini banyak banget Tunnels aka lubang tempat mereka berjalan dari satu titik ke titik lain, lokasi keseluruhannya kayak Hutan gitu, tapi banyak spot tempat mereka masak, menyusun strategi bahkan tempat pembantaian. Pokoknya dibuat se identik mungkin dengan kondisi perang.

This slideshow requires JavaScript.

Gw sempat coba masuk kedalam tunnels guys, tapi baru jalan 40 m rasanya engep ga kuat, kaki gemeteran dan keringetan parah! Gw kagum sama rakyat Vietnam dulu bisa jalan beratus meter gimana coba…

keringetan gila kan? itu beneran keringet dingin karena gemeter hahaa

Setelah keliling ampe keringetan, kami pun diajak mencicipi kuliner khas perang Vietnam, ya apalagi kalau bukan SINGKONG REBUS! Wah kita benar-benar satu rumpun ya….

Kami pun kembali ke Ho Chi Minh, tapi ya ALLAH, perjalanan macetnya AMPUUUUNNNNN.. kata tour guidenya aja ga biasanya gini.. biasanya sampai ho chi minh maksimum sebelum jam 7, lah ini kita jam 8 baru sampe.. asli udah nahan laper nahan pipis lengkap banget. Padahal kami bawa bekal roti pratha yekan, tapi ngeri ditabok gw kalau makan di bus, secara mambu alias bauuu.. huhuhu

PARAH BANGET KAN

Ya udah akhirnya dengan kesabaran ekstra kami pun sampai, karena kesian kami diturunin di lokasi terdekat yaitu Benh Than Market, ini karena mbaknya tau gw daritadi gelisah chat an ama orang (baca Onye) terus gw cerita kita janjian buat Dinner sama temen di Benh Than hahaha..

IMG-20191221-WA0028

Makan Malam kali ini special, karena akhirnya bisa icip makanan tradisional, lokasi yang beruntung kita kunjungi adalah Halal Amin Pho Muslim, kami nyobain Pho nya, tapi ko biasa aja ya, terus akhirnya makan Spring Roll yang mayan lah, ya sudah yang penting kenyang, tak ketinggalan kopi pokoknya mah hahahaa…

Setelah kenyang, kami pun keliling ke Benh Than Market, disini tu kayak pasar malam yang emang terkenal banget, ada satu street yang kayak moslem street gitu, karena mostly pedagang muslim yang jualan baju muslim dan restaurant muslim gitu deh. Jadi jangan cemas susah dapet makanan halal, nggak kok asal niat.

This slideshow requires JavaScript.

Tujuan ke Benh Than tu kami mau cari-cari oleh-oleh dan buat jastip gitu, gw sempat beli beberapa kopi khas sana di sebuah kios, yang ternyata lebih mahal jika dibanding ke supermarket di sebelah apartemen huuummmm….

TIPS : kalau mau beli kopi, beli lah Kopi TRUNG NGUYEN karena ini salah satu yang terkenal, dan belinya gosah di kios di pasar malam deh, mahal! Gw rekomenin beli di  Supermarket J-MART, aslii harganya miring banget.

ini yang ver 3 in 1, tapi gw rekomen yg black coffee aja, enak!

Setelah Lelah belanja, kami pun kembali ke apartemen, istirahat! Karena besok full activity lagi.. yihaaa….

itinerary hari 2
Itinerary Hari Ke-2
pengeluaran day 2
Pengeluaran Hari Ke-2

Day 3 – Mekong Delta

Hari ketiga perjalanan di mulai pagiiiii hari, jam 6 kita da siap-siap, segala makanan yang dibeli kemarin di makanin, secara kita brutal nitip Subway ke onye, padahal roti pratha belom abis. Ck! Jam 7 pagi kita udah jalan ke lokasi penjemputan Klook! Iyak lagi-lagi pake klook, abis asli ribet coi ga ada kendaraan umum, pakai taksi juga mahal hehehe

Kali ini, kami ikut Full Day Tour ke Mekong Delta, masih naik bus juga dan ada tour guide, Cuma karena full day tour jadi agak lengkap paketnya, ada makan siang segala haha.

Anyway sekilas info, gw seneng banget di trip kali ini, karena banyak yang ngajak ngobrol, bule-bule atau Asian juga gitu, ngajak ngobrol pake Bahasa inggris, berasa di akui gw jadi tourist ahahahahaa, abis biasanya kan mau kemana tetep aje ketemunya orang melayu, ngomong Bahasa Indonesia lagi. Tapi kali ini nggak! Asik mayan ngelatih Bahasa inggris hahaha..

Perjalanan dari Bui Ven Street – Ho Chi Minh ke Mekong Delta sekitar 2 jam, tapi seru sih kita ngelewatin banyak pulau gitu. Oh ya Mekong Delta ini melewati beberapa negara di asia tenggara, salah satunya Vietnam, Myanmar, Kamboja dan Thailand.

Mekong Delta ini mengeliling 4 pulau yaitu Long, Lan, Quy dan Phung Island. Nah pulau-pulau ini punya keunikan masing-masing, Salah satunya ada pulau yang penghasil Coconut gitu, nah kita turun disini nih. Awalnya kita jalan kaki di pedesaan gitu, asli orang-orang pada amaze gitu karena banyak pohon kelapa, sementara kami ber-4 ketawa-tawa, secara berasa di kampung woiii…

Setelah itu kita diminta mampir ke balai gitu, buat menikmati buah-buahan segar sembari mendengarkan alunan melodi lagu khas Vietnam yang tentunya gw ga tau itu lagu apa.

Kita juga disuruh minum teh madu khas Vietnam plus buah-buahan yang ternyata enak…

Selanjutnya, kita naik perahu kecil melewati hutan bakau gitu, satu perahu 4 orang. Alay dah foto-foto disitu, tapi sayang kurang gercep fotografernya, jadi ga ada foto gw naik perahu dari depan deh hahaha

penampakan getek

Karena ga ada yang motoin, kita harus gercep buat selfie sendiri..okesip

IMG-20191222-WA0012
narsis is a must

Nah rupanya perahu kecil ini mengantarkan kita ke pengolahan kelapa, mulai dari permen, biscuit sampai es krim. Gw sempat belanja disini, dan emang enak banget permennya, kayak milkita gitu lah.

pengolahan permen kelapa
yang sudah jadi

Abis belanja-belenji, kita diajak naik kapal besar, buat ke lokasi berikutnya, yaitu makan siang di kebun jeruk bali…

penampakan kapal besarnya

Kapal besar ini akan melewati sungai mekong yang super besar, sungai Mekong ini melewati berbagai negara loh gengs….

Sungai Mekong!!!!

Nah abis itu kan kita ke kebon jeruk bali ya, lagi-lagi para turis happy bener liat kebon. Kita Cuma yang.. baiklah hahaha

Seperti gw info sebelumnya, paketan trip nya udah include makan siang, yah makan siang sederhana lah, saking sederhananya jadi Cuma dapet kayak sayur gitu, soale yang lainnya menu BABI hahahahahahahahahaha, tapi kalau mau nambah diluar paket bisa sih.

tebak es jus apa?

ini enak loh

Dan akhirnya kami nambah, menu lain selain babi tentunya, dan dengan begitu KALAP nya! Asli KALAP!!! Ampe diomongin tetangga meja lain HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.. ya gimana kan lapar..

Ramai ya

Abis kekenyangan kami naik kapal lagi untuk ke tepian (((tepian))) maksudnya ke destinasi selanjutnya, yaitu Ving Trang Pagoda Buddhist Temple.

Tapi sebelumnya, jangan lupa foto ala ala di ujung kapal ya…

IMG-20191222-WA0033
posting ini di IG dan di bilang kayak di ciliwung,, kesel

Ving Trang Pagoda Buddhist Temple yah ini tuh kayak temple pada umumnya, yang biasa kita lihat, Cuma ada budha tidur raksasa gitu. Karena udah capek jadi ga focus juga sih pas kesini, pengin buru-buru pulang aja.

This slideshow requires JavaScript.

Untungnya doa terkabul, kita cuusss balik ke Ho Chi Minh, dan alhamdulillah ga semacet kemarin, jadi sore udah sampe donk.. kami turun lagi di Bui Ven Street, dan langsung city tour lagi.

Bui Ven Street

FYI, di deket Bui Ven Street juga ada central market, ini lokasi di bawah tanah gitu, tapi kami ga sempet mampir sih.. mager..

Central Market

Karena mager kami pun memutuskan untuk nongkrong cantik di coffee shop Highlands. Asli deh, kalau ke Ho Chi Minh, kalian pasti liat Coffee Shop ini bertebaran dimana-mana. Kan jadi kepo mau mampir…

Kami pun mesen Ice Coffee dan Banh Mi, yang.. enak..dan murah huhuhuhu..senang…

Setelah asik kongkow, kami pun jalan kaki ke Mall Saigon Centre yang ga ngapa-ngapain sih, liat-liat aja terus stress, PENUH BANGET WOI..asli isinya orang doank, pusing akhirnya kita balik aja buat makan malam.

Makan Malam kali ini di Daun Restaurant yang terletak di Benh Than Market. Makanannya cukup enak,, walau a bit pricey dibandingkan restaurant sebelumnya. Pas kita kesana sepi gitu, eh pas balik baru rame pada dating pengunjungnya *penting.

Setelah makan malam, kami balik ke apartement, ngobrol-ngobrol sama Mba Mai, Nyuci Baju, Mandi dan persiapan, karena Gw, Resti dan Tia harus ke De Thram buat naik Futa Line Bus. Karena kami akan menuju ke…….. Mui Ne!!! Kali ini Onye ga ikut, karena dia udah pernah ke Mui Ne, jadi besok Onye akan City Tour sendiri aja.

Perjalanan Ke Mui Ne ini cukup nekat sih. Tbh perencanaan gw, kami, kurang matang. Gw sempet deg-deg ser banget wkwkwk…

itinerary hari 3
Itinerary Hari Ke-3
pengeluaran day 3
Pengeluaran Hari Ke-3

Day 4 – Mui Ne

Futa Line Bus ini merupakan moda transportasi antar kota di Vietnam, dan Mui Ne sendiri jaraknya cukup jauh dari Ho Chi Minh, perjalanannya bisa memakan waktu 4-6 jam. Karena keterbatasan waktu, kami memutuskan untuk melakukan perjalanan ini pulang pergi, padahal orang normal lain tu nginep loh, karena jarak yang lumayan tadi.

muka ngantuk di dalam Elf

Oleh karena itu, kami menggunakan Sleeper Bus yang berangkat di jadwal terakhir, jam 23.30 malam. Awalnya pas masih di shelter kami naik elf, udah cemas aja kan ke Mui Ne naik Elf, eh rupanya, Elf tersebut untuk mengantar kita ke Shelter berikutnya dan pindah ke Sleeper Bus.

Wah ini pengalaman pertama kita naik Sleeper Bus, asik! Kursinya bisa di lurusin kayak Kasur, nyaman sih. Agak semi mewah gitu, ada bantal sama selimut.

Yang ga nyaman Cuma… PETUGAS NYA GA BISA BAHASA INGGRIS!!! Eh bisa sih DIKIT banget, dan Aksen nya parah. Sumpah gw ga ngerti dia ngomong apa dan dia juga ga ngerti gw ngomong apa. Gw bener-bener speechless… deg-degan sepanjang jalan.

Eh ternyata, miss communication itu adalah pertanyaan dari petugas, kami mau turun dimana HAHAHAHA… nah karena perjalanan pada malam hari terbilang lancar, baru jam setengah 4 subuh kami udah sampai. Pas sampai gw pucet lagi.. kenapa? Baru sadar, kami belum ada gambaran keliling Mui Ne pake apa, belum pesan tour. Pas di Bus gw pun ga bisa tidur karena kepikiran, alhasil browsing kan, ternyata orang-orang pesen tour dari penginapan karena emang biasanya mereka stay disini. Lah kita yang PP kumaha….

Alhamdulillah Allah mendengar Doa hambaNYA.. pas turun dari Bus, kami bertiga yang Nampak kebingungan, disamperin Bapak-Bapak, beliau nawarin Tour half day keliling Mui Ne donk… huhu, gw tu kayak yang super lega banget gitu loh…plong…

Ya udah kami langsung mau kan, perjalanan di mulai dari jam 4.30 pagi sampai jam 10 pagi gitu, karena emang mau ngejar Sunrise, dan tujuan wisatanya ke beberapa tempat wisata disana.

Nah selama perjalanan kami naik Jeep kayak yang buat ke Bromo itu, tapi ternyata kami ga Cuma bertiga, karena gabung sama 2 turis Korea gitu.. yang pada shock karena resti bisa Bahasa korea hahaha.

oke hape gw jele jadi ga bisa nangkap moment hahaha

Perjalanan pertama adalah Mengejar Matahari, eh Sunrise di White Sands. White Sands ini, kayak padang pasir di afrika gituu tapi luuaaaasssssss banget, dan bisa ngeliat Matahari terbit dengan cantiknya huhu,,,

Tapi cakep sih ya…..

Tapi, disini tuh rame banget, berasa di Korea deh, karena mostly banyak tourist korea huh… kayaknya mereka ini korban reality show yang episode jalan-jalan ke vietnam wkwkkwkw

20191223_053657
heh ngantuk

Oh ya, Jeep tuh ga bisa masuk kan, jadi untuk ke area dalam White Sands, ada pilihan jalan kaki dan naik ATV, jalan kaki tentu ga mungkin, berapa lama nyampe dalam, jauh coi, akhirnya mau ga mau kami naik ATV, yang harganya lumayan, tapi worth the money sih! SERU GILA NAIK ATV hahaha, sumpah di ajak ngebut ngesot naik turun bukiiitttttttt,, adrenaline rush yang seru parah!!!

Dari White Sands, kami pun naik Jeep lagi ke lokasi berikutnya yaitu pasir-pasir yang lain, eh Red Sands maksudnya.

Sejauh memandang isinya cuma pasir.. oke sip

Nah sebenarnya tempatnya mirip sama White Sands, Cuma versi lebih keciiilllll dan warna pasirnya yang kemerahan. Cuma, amit-amit panasnya ya! Mana nanjak banget, kita ga ngelilingi semua deh, Cuma cari spot foto yang oke aja hahahaha.. abis itu kebelet ke toilet dan kesel disini toiletnya sama aja kek di Indonesia, kudu bayar! Haha

20191223_075104
Foto ala cover girl

Oh iya di antara White Sands dan Red Sands kan lewatin jalan raya ya, agak sepi gitu lah, dan ternyata sering dijadiin spot buat foto-foto gitu..

termasuk salah satu lokasi di pinggir pantai yang menuju Fish Market. Mayan lah bisa gegayaan ala foto model.

20191223_072045

Di Mui Ne ada Fish Market jadi bisa liat nelayan menjajakan dagangannya.. ((((menjajakan))), kayaknya kalau kita stay di Mui Ne bisa beli buat di masak sih, kalau niat. Tapi karena kami pulang pergi jadi ya udah liat-liat doank. Nah pas di Fish Market ini, tour guide nya ngasih kita Banh Mi, baik banget deh, tapi saying saking baiknya ga pake nanya dulu, sepertinya beliau ga ngeh kalau wanita cantik berkerudung itu muslim yang tidak makan babi, karena kebetulan banget Banh Mi nya isi babi gitu uhuhuhu.. kami lapar banget sih, tapi mau gimana ga ada yang bisa dimakan, jadi beli susu aja deh hikz.

Setelah fish market kami pun melaju ke tujuan terakhir, yaitu Fairy Stream. Dari namanya menarik banget kan ya…. Eh ternyata….

Fairy stream ini ya kayak genangan air di tengah bukit kapur gitu, jadi kita diminta jalan ampe ujung, yang dimana mayan jauh,, pake becek segala kan, jadi harus lepas sepatu.

yang penting foto

Selama perjalanan kok gw ngerasa ga nyampe-nyampe yaaa… hampir mau nyerah tapi sayang.. jadi lanjut aja, eh pas ujung…..uhmmmmmmmmmmmmm baik…….. gitu doank………….okesip

ini ujungnya… udah kesel belum?

Setelah capek, tour guidenya pun ninggalin kita, sudah jam 10 sih memang, kami yang kelaparan pun langsung cari makan, sembari menunggu jadwal keberangkatan bis jam 1 siang. Karena ga tau mau makan apa, akhirnya ya serandom itu aja milih restaurant seafood.. tapi ternyata ga nyesel oi! Enak banget asli! Terutama Abalone nya… masih kepikiran banget, mana murah banget pula…. Duh! Kalo disini mah abalone mahal yak…

This slideshow requires JavaScript.

Selesai makan tentunya kami kekenyangan, tapi ga enak kelamaan di restaurant, jadi ya random jalan kaki ke lokasi penjemputan bus. Ralat, yang awalnya kami pikir lokasi penjemputan bus…uhmmm, jadi ceritanya gw salah baca hahaha, gw pikir bus pulang kita sama dengan bus berangkat (Futa Line).. eh ternyata pas pulang naik bus The Sinh Tourist hahaa alhasil heboh naik taksi lokal ke shelter bus yang sesuai. Btw, di Mui Ne juga ada Go Viet loh, jadi yang mau ngerandom naik ojek di Vietnam sembari menunggu bus boleh banget hahahaha..

Jam 1 tiba juga, saatnya kami kembali ke Ho Chi Minh, tapi… kok busnya… ih! Jelek, beda banget sama bus yang kami naikin pertama, sleeper bus nya pun tinggi banget, jadi kayak di atap, naiknya ribet, mana gw kebagian bed di atas, udah gitu AC nya ga dingin, jadi keringetan banget hikz. Udah mana bus nya jalannya lama, macet kan ya, ya ampun nyiksa banget selama pulang.

Sama halnya dengan perjalanan antar kota di Indonesia, bus kami pun mampir ke Rest Area, jadi mayan bisa jajan ke mini market buat beli beragam jenis Cheetoz yang ga ada disini hihiihi..

Perjalanan pulang tu kurang lebih 5,5 jam, berangkat jam 1 siang dan sampai Ho Chi Minh tu sekitar jam 6.30 sore, si onye udah kelaparan banget nunggu kita hahaha.. kita diturunin di Benh than lagi kan, terus karena onye pamer abis jajan enak di sebuah supermarket halal, gw jadi ngidam, karena katanya ada Banh Mi halal. Alhasil kami kesana, jalan kaki, pake acara nyasar karena gmaps sala. Fiuh..

Supermarket halal ini Namanya Satra Food, lokasinya di P. Bến Thành, Quận 1, sesuai yang gw bilang, makanan yang di jual disini halal, ada Banh Mi khas Vietnam, jus, sampai beragam mie, snack dan aneka ragam makanan halal. Lumayan banget deh! Gw ampe borong mie instant halal Vietnam yang Namanya Gau Do. Buat kalian yang suka mie instant, wajib coba, mie nya kenyel kecil lembut gituuuu dan rasanya enak, porsinya ga besar juga. Di Satra gw beli Banh Mi jugaaa tapi bukan buat di makan saat itu sih, tapi buat bekal perjalanan esok hari alias buat sarapan.

IMG-20191223-WA0083

Setelah dari Satra Food, kami pun makan malam di Restaurant Basiroh yang juga ada di Ben Than.

nah..disini makanannya enak! karena sesuai lidah sih, ala ala melayu malaysia gitu lah

anyway, selama di Vietnam gw mencoba beragam Pho dan mie lain, tapi entah kenapa belum nemu yang bener-bener enak banget gitu.. sebel ih…

Setelah makan, kami balik ke apartement, buat simpan energy karena besok pagi harus menempuh perjalanan Panjang ke Kamboja.. yuhuuu… tapi sebelumnya kita mampir ke Supermarket J-Mart sebelah apartement, yang sebelumnya gw certain murah itu, buat beli kopi dan jastip teman-teman, disini juga ada starbucks dan beragam coffee shop lain, salah satunya adalah Coffee Phuc Loc, tidak menyia-nyiakan malam terakhir di Ho Chi Minh Vietnam, gw pun langsung beli segelas ice coffee, dan rasanya? Uwuwuw mayan enak. Kata Mba Mai pun Phuc Loc emang salah satu yang enak gituuuu…

Ahhh… waktunya istirahat, packing, nyuci baju.. terus gw stress, ini baru 1 negara kenapa jastipan banyak amat!!!!

itinerary hari 4
Itinerary Hari Ke-4
pengeluaran day 4
Pengeluaran Hari Ke-4

Demikian postingan perjalanan di Ho Chi Minh Vietnam, next gw bakal posting perjalanan di Kamboja yaaaa….

angkor wat!

See you!

Author:

Let's unveil the journey

4 thoughts on “Trip Vietnam + Kamboja + Thailand #Part2 #Vietnam #HoChiMinh #ChuChiTunnels #MekongDelta #MuiNe

1. Lalu lintas di HCMC bikin stres. Lucunya, meskipun semua kayak buru-buru dan suara klakson kedengeran dari mana-mana, jarang banget ada kecelakaan 😀

2. Iya parah si bikin stress banget..ga aman buat jalan kali.. Bikin senewen 😅😅 eh serius jarang kecelakaan? Udh pro bgt brrti mrk ya

3. Untungnya trotoar HCMC lumayan lebar 😀

Iya, jarang kecelakaan. Katanya sih suara klakson itu sebenarnya bukan buat nyuruh orang minggir, tapi buat ngasih informasi kalau “aku lagi di sini.” 😀